Pages

Monday, January 28, 2013

Usir Stres Tanpa Harus Keluar Kamar


Stres termasuk salah satu penyebab timbulnya berbagai penyakit di dalam tubuh, terutama meliputi pikiran. Banyak pula orang yang putus asa dan memilih untuk mengakhiri hidupnya karena dirinya merasa tidak mampu mengatasi segala permasalahan hidup yang kerap hadir.
Anda tentu tidak ingin mengalami stres yang akhirnya malah mengganggu hidup dan membuat segalanya menjadi berantakan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres tanpa harus bertemu dengan dokter ataupun psikiater.
Bagi Anda yang lebih suka mengurung diri di dalam kamar saat memiliki permasalahan, cobalah untuk melakukan beberapa tips pengusir stres berikut tanpa harus beranjak ke luar kamar.
Renovasi kamar
Mungkin selama ini Anda mendekorasi kamar dengan warna cat yang agak membosankan, hal itu seringkali dapat membuat Anda menjadi tidak betah berada di dalam kamar. Cobalah untuk melakukan renovasi dengan mengecat ulang dinding kamar. Pilihlah warna biru yang dapat memberi kesan menenangkan dan familiar, Anda juga bisa memberi warna hijau yang memiliki kesan natural dan segar. Selain warna kamar yang menjadi lebih segar, kesegaran tersebut pun bisa menular pada pikiran Anda.
Letakkan kaca di tempat yang agak tersembunyiCobalah untuk meletakkan kaca di tempat yang jarang Anda lewati, seperti pojok kamar. Cara ini merupakan salah satu hal yang dapat menenangkan pikiran. Mengapa? Karena jika kaca diletakkan pada tempat yang sering Anda lewati, kemungkinan Anda untuk berkaca pun semakin besar. Padahal, banyak orang ditemukan merasa stres setelah berkaca karena melihat ada yang ‘berubah’ pada wajah dan tubuhnya.
Isi dengan barang kesukaan
Mendekorasi ulang kamar bisa juga berarti memberikan tambahan beberapa pernak-pernik yang Anda sukai sebagai pajangan. Tidak hanya benda-benda yang Anda sukai saja, benda-benda yang memiliki kenangan yang berarti pun dapat dipajang sebagai penghilang stres, karena memiliki efek yang menyenangkan dan juga menenangkan pikiran.
Suara yang menenangkanJika Anda menyukai berbagai bunyi-bunyian yang dapat menenangkan pikiran, seperti suara aliran sungai, kicauan burung, atau bahkan musik-musik klasik, sebaiknya letakkan music player yang selalu memutar suara favorit Anda tersebut. Selain mampu memberikan efek menenangkan, bunyi-bunyian tersebut juga dapat memberikan pengaruh emosional yang baik bagi pikiran Anda.
Menghilangkan stres tidak harus mengeluarkan uang banyak. Dari dalam kamar pun Anda bisa mengusir stres dengan kegiatan yang menyenankan. Selamat mencoba!

(andy@oktomagazine.com)

No comments:

Post a Comment