Pages

Monday, January 28, 2013

Beberapa Hal Yang Mempengaruhi Mood - OktoMagazine.com

Beberapa Hal Yang Mempengaruhi Mood - OktoMagazine.com


Kondisi psikologis seseorang mudah berubah tergantung dengan situasi yang dialaminya. Hal itu tergolong normal, namun yang terpenting adalah bagaimana orang tersebut mampu mengkonversi setiap situasi dengan cara yang positif. Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi mood, di antaranya adalah sebagai berikut.
Makanan
Makanan yang tidak tepat dapat mempengaruhi kondisi fisik, seperti mual dan sakit perut, dan kondisi hati. Anda jadi mudah marah, kurang fokus, lebih agresif, gugup, atau hiperaktif. Jika Anda merasa tersiksa dengan perubahan mood yang terus terjadi, cobalah menjaga asupan makanan dengan mencatat apa yang Anda makan serta dampaknya terhadap suasana hati.
Kekurangan vitamin D, B (terutama B6, B12 dan folat), serta lemak Omega-3 juga dapat menyebabkan depresi dan kegelisahan. Cobalah untuk menambahkan kandungan kaya nutrisi tersebut dalam menu makanan Anda.
Dekorasi rumah
Anda bisa memperbaiki mood dengan mengubah dekorasi rumah, karena lingkungan sangat berpengaruh terhadap suasana hati. Warna merah dapat membuat beberapa orang menjadi mudah marah, sedangkan kuning dapat menghadirkan rasa bahagia, dan biru dapat membantu Anda menjadi lebih rileks. Penelitian juga menemukan bahwa gambar-gambar yang menenangkan, seperti lukisan yang indah, dapat merubah mood seseorang menjadi positif dan mengurangi tingkat stres dan gelisah.
Promosi
Banyak yang bermimpi mendapatkan promosi dalam pekerjaan, namun kenyataannya tidak selalu sebaik yang dipikirkan. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Warwick menemukan, karyawan yang dipromosikan dalam pekerjaannya malah mengalami ketegangan mental dan rata-rata ada penurunan 10 persen terhadap kesehatan mentalnya.
Waktu tidurKurangnya waktu tidur dapat membuat mood memburuk, namun penelitian mengungkapkan bahwa waktu Anda tidur hampir sama pentingnya dengan seberapa banyak tidur yang Anda dapatkan. Penelitian juga mengungkapkan, cahaya pada malam hari dapat menekan produksi hormon melatonin, yang secara rutin diproduksi pada saat suasana gelap.
Jadi cobalah untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup dan matikan semua lampu pada malam hari untuk memberikan diri Anda dorongan semangat untuk memulai hari kembali.
Obat
Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti di Monash University menemukan bahwa para perempuan yang mengonsumsi pil KB berpotensi hingga dua kali mengalami depresi dari mereka yang tidak. Untuk beberapa perempuan, pil KB tertentu juga dapat mengakibatkan perubahan mood, mudah marah, dan kehilangan libido.
Merokok
Selain dapat menimbulkan kanker, penyakit jantung, dan penuaan dini, merokok ternyata juga dapat mempengaruhi kesehatan mental Anda. Menurut hasil sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari Selandia Baru, orang yang merokok dapat meningkatkan risiko mereka terhadap depresi. Mereka yang sudah kecanduan nikotin juga dapat meningkatkan risiko hingga dua kali lipat mengalami gejala depresi dibandingkan mereka yang tidak kecanduan.
Cahaya matahari
Walaupun banyak manfaat, namun cahaya matahari juga dapat membawa kesedihan. Saat musim panas, kurang dari satu persen populasi penduduk mengalami gangguan emosi, dibandingkan 5 persen saat musim dingin. Gangguan tersebut juga bisa mengakibatkan kondisi yang serius terhadap mereka yang mengalaminya, seperti insomnia, penurunan nafsu makan, dan depresi.
Bagaimana dengan Anda, apakah beberapa hal di atas jugamempengaruhi mood Anda?
(andy@oktomagazine.com)

No comments:

Post a Comment