Pages

Monday, January 28, 2013

Mengatasi Serangan Stress di Kalangan Remaja


















Semakin berkembangnya jaman, semakin banyak juga remaja yang mengalami stres. Jangan abaikan, karena hal tersebut dapat berefek buruk terhadap kesehatan mereka. Jadi, sebagai orangtua, kita wajib memperhatikan dan memantau kesejahteraan mental mereka.
Jika stres ditangani dengan cerdas bisa berkontribusi dalam kesuksesan akademik dan profesional anak.
Berikut ini beberapa cara meringankan stres pada remaja, seperti yang dilansir dari onlymyhealth,
Tetap memeriksa nilai akademis
Stres secara langsung dapat mempengaruhi nilai anak Anda. Pastikan Anda up-to-date tentang kinerja anak Anda di sekolah. Jika Anda melihat nilai menjadi penyebab stres, Anda bisa membahasnya baik-baik dengan anak dan guru untuk mencari jalan keluar.
Menjadi pendengar setia
Biarkan anak Anda berbicara tentang masalahnya. Akui perasaan dan hak mereka untuk mengekspresikan pendapatnya. Katakan kepada mereka bahwa jika merasa stres adalah normal karena semua orang pasti mengalami ketegangan dan tingkat kejenuhan. Anda bisa memeluknya dan memberitahu bahwa Anda mencintainya. Jaminan seperti ini akan membuat relaks otot-otot yang tegang.
Mengingatkan waktu istirahat dan tidur
Remaja suka menghabiskan waktu di depan komputer, bermain game dan berbicara di telepon sampai larut malam. Nah, ini adalah tanggung jawab Anda untuk membuat mereka memahami pentingnya tidur 8 jam sehari. Anda dapat memberitahunya bagaimana tidur yang cukup akan membantu untuk bangun lebih segar dan fokus lebih baik.
Menjadi teladan
Anda sebagai orang tua adalah seorang idola anak secara langsung. Mengatur contoh dan kelakuan baik bagi mereka adalah cara menangani stres yang sehat. Ajarkan mereka cara menenangkan diri seperti mendengarkan lagu, bernapas dalam-dalam atau meditasi.
Mengajak berolahraga
Melakukan kegiatan positif dapat meningkatkan aktivitas fisik. Ajak anak Anda untuk berolahraga seperti mengendarai sepeda, bermain sepak bola atau olahraga lainnya. Bermain secara otomatis mengalihkan perhatian mereka dari sumber stres dan membantu mereka menenangkan diri.
Meluangkan waktu bersama keluarga
Sangat penting duduk dengan anak Anda dan mendiskusikan kegiatan sehari-hari. Caranya, Anda bisa pergi keluar untuk makan malam keluarga atau mengatur piknik untuk menghilangkan stres. Katakan kepada mereka penting untuk menjaga keseimbangan antara keluarga dan teman-teman. Namun tidak selalu merongrong.
Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment