Pages

Monday, January 28, 2013

Cari Tahu Kebohongan Pasangan


Komunikasi yang baik merupakan hal yang penting di dalam hubungan asmara. Mungkin Anda pernah mengalami saat pasangan berkatan bahwa dia akan pergi bersama teman-temannya, namun salah satu dari temannya justru menelepon Anda untuk menanyakan kabarnya. Apakah berarti pasangan Anda berbohong?
Bagaimana Anda mengetahui pasangan Anda berbohong atau tidak? Jika mereka menimbulkan pesan yang membingungkan, maka saatnya untuk mencari tanda-tanda lainnya. Tanda yang paling jelas adalah bahasa tubuh pasangan Anda.
Richard Newman, seorang peneliti bahasa tubuh, berbagi kiat mengenai cara mendeteksi kebohongan. Dalam penelitiannya di Neuro Linguistic Programming (NLP), Newman melatih lebih dari 6.500 orang dari 29 negara yang berhasil menggunakan bahasa tubuh dan bagaimana cara membaca tanda tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
“Cara terbaik untuk mengungkap kebohongan seseorang adalah dengan memperhatikan adanya kejanggalan dan ketidakbiasaan. Di samping alat yang bisa mendeteksi kebohongan, yang harus diperhatikan adalah adanya tanda-tanda stres, cemas, dan tertekan,” ucap Newman, seperti dikutip dari Yahoo! She.
Newman juga menyarankan Anda sebaiknya mengatur suara yang baik sebelum memulai investigasi. Pastikan juga sesuai fakta dan jangan langsung membicarakan yang sifatnya menuduh, buatlah orang yang ingin Anda tanya merasa nyaman terlebih dahulu.
Hal tersebut dapat membantu Anda mengidentifikasi perubahan signifikan dalam penampilan mereka. Setelah Anda membuat mereka nyaman dan tenang, maka ada beberapa tanda yang harus Anda perhatikan.
Berkedip
Gerakan mata yang banyak bisa berarti sebagai tanda yang bisa dipercaya untuk mengetahui kebohongan. Orang rata-rata berkedip satu kali dalam 10 detik, jadi jika dia berkedip terlalu sering, maka ada banyak kemungkinan bahwa dia sedang berpikir cepat atau mungkin berbohong.
Sentuhan tangan di wajahSemakin tinggi tingkat gerakan tangan di sekitar wajah, semakin tinggi tingkat kecemasan. “Kami mendesain secara alami untuk membuktikan kebenarannya,” ucap Newman. Jadi, cara apapun yang dilakukan tangannya untuk menutupi wajahnya, menunjukkan orang tersebut sedang mencoba untuk menutupi kebohongannya.
Tiba-tiba diam atau tegang
Kebalikan dari mengalihkan pandangan adalah menatap, tatapan kosong menunjukkan juga respon tidak jujur. Hal itu biasa bagi pembohong yang melakukan upaya khusus untuk tidak banyak menggerakan mata mereka agar terlihat meyakinkan.
Anda mungkin curiga jika seseorang tampak sangat gelisah dan berpikir bahwa mereka berbohong, namun hal itu merupakan sikap yang biasa. Sesuatu yang tidak biasa adalah berbicara dengan seseorang yang terlihat seperti patung. Jangan pula mendekati seseorang ketika mereka sibuk, terlalu mudah bagi mereka untuk menyembunyikan reaksinya dan menutupi bahasa tubuh ketika mereka sedang asyik mengerjakan pekerjaan.
Beberapa petunjuk di atas tidak serta merta dapat mengubah Anda menjadi seorang detektor kebohongan. Namun dengan membaca bahasa tubuh seseorang, setidaknya Anda bisa mendapatkan beberapa kepastian saat sedang merasa curiga.

(andy@oktomagazine.com)

No comments:

Post a Comment