Pages

Saturday, September 28, 2013

10 SKILL TERATAS YANG DIBUTUHKAN PERUSAHAAN DARI LULUSAN PSIKOLOGI

Penelitian ini dilakukan dengan mensurvei  seratus perusahaan yang memasang iklan di situs lowongan kerja online (jobsdb.com dan jobstreet.com) yang membutuhkan lulusan sarjana psikologi. Kemampuan atau skill apa saja yang diharapkan perusahaan dari lulusan psikologi?

Dari hasil survey tersebut didapatkan 10 skill teratas yang paling sering disebutkan dari 100 perusahaan yang membutuhkan lulusan psikologi.

No.Hard skillsFrekuensiPersentase (%)
1.Peraturan ketenagakerjaan4416,79
2.Rekrutmen dan seleksi3814,50
3.Pelatihan dan pengembangan karyawan3412,98
4.Alat tes psikologi3111,83
5.Penilaian kinerja197,25
6.Hubungan industri186,87
7.Wawancara kerja155,73
8.Analisa jabatan134,96
9.Administrasi HR134,96
10.Penggajian dan kompensasi karyawan124,58
Pada dunia industri, psikologi banyak berperan di bidang sumber daya manusia atau human resource division(HRD). Hard skillyang paling sering muncul adalah pemahaman akan peraturan ketenagakerjaan.Kemampuan ini mempunyai persentase 16,79% paling tinggi dibandingkan dengan kemampuan-kemampuan lain. Hal ini mengindikasikan bahwa pemahaman peraturan ketenagakerjaan menjadi kemampuan yang sangat penting dalam melaksanakan fungsi HRD. Rekrutmen dan seleksi merupakan hard skillyang berada pada urutan kedua. Kemampuan ini merupakan kemampuan yang terkait proses pencarian tenaga kerja untuk menempati posisi tertentu dari proses pengumuman lowongan sampai pada proses penempatan. Pelatihan dan pengembangan karyawan merupakan hard skillyang berada pada urutan ketiga yang mempunyai persentase sebesar 12,98. Kemampuan ini merupakan kemampuan untuk melakukan pelatihan dan pengembangan agar tenaga kerja memperlihatkan (memberikan prestasi) sesuai dengan yang ditetapkan perusahaan.Hard skillberikutnya yang sangat erat kaitannya dengan lulusan psikologi adalah penguasaan alat tes psikologi. Kemampuan ini menempati urutan keempat dengan persentase tingkat kebutuhan sebesar 11,83%. Hal ini jelas bahwa kemampuan ini diharapkan dari lulusan psikologi dikarenakan kemampuan ini merupakan kemampuan yang dimiliki oleh lulusan psikologi dantidak dimiliki oleh bidang keilmuan lain.Hard skilllainnya yang ditemukan pada penelitian ini yang memiliki fungsi yang sama dengan alat tes psikologi adalah kemampuan wawancara kerja. Wawancara kerja merupakan salah satu prediktor untuk mengetahui kemampuan calon karyawan. Analisa jabatan, penilaian kinerja, hubungan industri, penilaian kinerja, administrasi HR, dan penggajian karyawan merupakan skill lainnya yang dibutuhkan dari lulusan psikologi.
Sumber: Manara, M.U (2012). Prospek lulusan psikologi pada dunia industri. Unpublished article.















No comments:

Post a Comment